Sejarah


SEJARAH PRODI PSMIA FISIP

Perubahan yang terjadi di tengah masyarakat mempunyai berbagai konsekuensi baik yang bersifat positif maupun bersifat negatif. Kedua konsekuensi itu akan menjadi peluang sekaligus tantangan. Peluang dan tantangan harus dihadapi dalam kegiatan masyarakat dan pemerintahan, terutama yang berhubungan dengan kepentingan public, bisnis, keuangan dan pengembangan sumber daya manusia itu sendiri. Keempat hal itu jawabannya ada pada Program Studi Ilmu Administrasi Fakultas  Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Riau (PSMIA – FISIP – UR).

Peluang dan tantangan bersifat strategis yang dihaadapi oleh organisasi publik dan organisasi bisnis. Administrasi keuangan Negara dan daerah serta pengembangan sumber daya manusia Indonesia di Indonesia umumnya dan Riau khususnya sebagai akibat dari dari tuntutan yang berasal dari tekanan luar negeri (eksternal pressure) seperti : tuntutan akan kesamaan hak memperoleh pelayanan public dan kewajiban setiap warga Negara (demokrasi) kebebasan (liberalisasi) berfikir, mengemukakan pendapat, berkumpul, kebebasan untuk melakukan kerjasamana perdagangan internasional, persyaratan lembaga/kreditur internasional, dan kebebasan untuk berusaha serta pengembangan sumber daya manusia yang professional. Tuntutan profesionalisme setiap pelaksana atau pelaku publik dan bisnis, sudah tidak menjadi sebuah menara gading lagi, tetapi sudah tuntutan dari dalam dan luar negeri, sudah barang tentu mempunyai implikasi pada perubahan –perubahan yang harus dijalankan oleh organisasi public maupun organisasi bisnis, administrasi keuangan Negara dan daerah serta Pengembangan Sumber daya Manusia (PSDM) dalam merencanakan dan menentukan kebijakan-kebijakan ke depan. Untuk memenuhi tuntutan dan menjawab tantangan itu PSMIA FISIP UR  mempersiapkan tenaga melalui jalur pendidikan S2 yang unggul dibidangnya dan mengacu pada kompetitif yang sehat, yang didasarkan posisi keunggulan yang disesuaikan dengan keperluan lokal maupun keperluan global.

Perubahan sistem administrasi Negara yang diikuti dengan perubahan sisitem administrasi bisnis dan administrasi keuangan daerah dan Negara, serta pengembangan SDM, akan berampak pada perubahan social ekonomi, social budaya dan social politik yang sangat komplek didalam negeri. Perubahan itu akan berjalan secara normal dan linear jika diimbangkan dengan peningkatan kualitas SDM.

Untuk memenuhi tuntutan tekanan keperluan (kebutuhan) sumber daya manusia yang berbasis pada ilmu pengetahuan yang relevan dengan perubahan yang terjadi, Program Pascasarjana Universitas Riau bekerjasama dengan Program Studi Magister Ilmu Administrasi (PSMIA) Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik  Universitas Indonesia (FISIP UI) Universitas Prof. Moestopo (BERAGAMA) dan Sekolah Tinggi ILmu Administrasi Lembaga Administrasi Negara (STIA LAN) Menyelenggarakan Program Studi Magister Ilmu Administrasi dengan konsentrasi yaitu : 1). Administrasi Kebijakan Publik, 2). Administrasi dan Kebijakan Bisnis, 3). Administrasi Keuangan Daerah dan , 4). Administrasi Pengembangan Sumber Daya Manusia.

Program Studi Magister Ilmu Administrasi , dalam menyelenggarakan pendidikan berdasarkan ijin dari Dikti Kemendiknas Nomor:482/D/T/2003, Tanggal 13 Maret 2003, pada Tanggal 08 Desember memperoleh Akreditasi dengan Prediket B dari  badan Akreditasi Nasional (BAN) Perguruan Tinggi, dengan Nomor : 212/SK/BAN-PT/Akred/M/N/VII/2014. Pada Tahun 2009 diperoleh ijin perpanjangan penyelenggaraan Program Studi sesuai SK Dirjen Dikti Kemendiknas No. 13432/D/T/K-N/2012, tanggal 01 November 2012.

Bidang Konsentrasi :

1). Administrasi Kebijakan Publik

2). Administrasi dan Kebijakan Bisnis

3). Administrasi Keuangan Daerah dan

 4). Administrasi Pengembangan Sumber Daya Manusia.

Gelar : Magister Sains (M.Si)